the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Sabtu, April 09, 2011

Mari kita awali dengan sebuah cerita (ini kisah nyata loh!):

Suatu hari Arif dan teman-temannya akan mengadakan pentas seni. Mereka ditugasi untuk membentuk tim perkusi. Dodi sang ketua kelas menyampaikan agar teman-temannya membawa alat perkusi dari rumah masing-masing. Beberapa hari kemudian mereka mulai berlatih. Saat hendak latihan Arif lupa membawa stik untuk memukuli jerigennya. Ia lalu menemukan besi (penyangga jendela) yang terlepas dari jendela lalu memakainya. Teman-temannya yang lupa membawa stik pun meniru Arif. Besi yang mereka temukan tidak cukup banyak. Akhirnya mereka berinisiatif untuk melepaskan besi penyangga jendela yang masih bagus (wuihh.. gila kreatif banget yak!). Saat ditanya mengapa mereka melakukannya, mereka menjawab “ngga pa-pa kok! Toh ini kan punya sekolah. Kalo rusak ntar juga sekolah yang ngantiin, bukan kita. Yang penting ngga ketauan.”

[Perhatian! Nama dan identitas tokoh disamarkan (hahaha). Kesamaan nama, tokoh dan cerita benar-benar tanpa unsur kesengajaan]

Apa yang kamu pikirkan setelah menyimak kisah diatas??
Tentu kamu tau seandainya Arif dan teman-temannya memiliki rasa memiliki terhadap sekolahnya, mereka tidak akan merusak fasilitas sekolah. Seandainya mereka memiliki rasa memiliki terhadap sekolah, mereka pasti akan memperbaiki jendela sekolah mereka karna mereka merasa sekolah itu adalah milik mereka, bukan malah merusaknya.

Jadi, mengapa memiliki rasa memiliki itu penting??
Tentu saja karna rasa memiliki memberikan manfaat bukan hanya untuk kita tapi juga untuk orang lain. Saat kita memiliki rasa memiliki, kita akan menjaga sesuatu dengan sebaik mungkin dan itu akan membentuk karakter kita agar lebih baik.

Apa untungnya kalo aku punya rasa memiliki??
Kalo untuk diri kita pribadi sih keuntungannya ngga terlalu terlihat. Tapi bagi lingkungan kita, keuntungannya sangat besar. Contohnya saat kita melewati sebuah jalan dan hendak membuang sampah, jika kita memiliki rasa memiliki maka kita akan membuang sampah pada tempatnya. Tapi kalo kita ngga punya rasa memiliki, kita pasti akan membuang sampah sembarangan dan ini akan merusak lingkungan. Walaupun akan ada orang yang membersihkan jalanan, tapi membuang sampah sembarangan bukan pilihan yang bijak, toh kita kan memang bertanggungjawab untuk membuang sampah pada tempatnya. Memangnya ada untungnya kalo kita membuang sampah sembarangan, ngga kan? Nah, itu cuma satu contoh dari memiliki rasa memiliki dan kita dapat langsung melihat bahwa punya rasa memiliki itu penting. Lagipula, yakinlah bahwa segala hal yang kita perbuat tidak mungkin sia-sia.

Nah, jadi…
Ingatlah bahwa hal-hal yang berada disekitar kita adalah tanggungjawab kita (tanggungjawabku dan tanggungjawabmu).
Saat melihat orang sedang kesusahan, maka kita harus merasa orang itu saudara kita dan kita harus membantunya.
Saat melihat sampah berserakan maka kita harus merasa bahwa tempat ini adalah tempatku dan aku harus segera membersihkannya.
Saat melihat fasilitas sekolahmu rusak maka kamu harus berpikir bahwa ini sekolahku dan aku bertanggungjawab untuk memperbaikinya sebisa mungkin.
Saat melihat negara kita dilanda bencana maka kita harus berpikir ini negaraku dan aku harus membantu meringankan bencana ini.
Saat terjadi konflik di negara lain, kita harus berfikir bahwa mereka sedang bejuang untuk kebaikan duniaku dan aku harus membantu mendoakan agar konflik itu tak berlangsung lama dan dunia menjadi lebih baik.

Guys, dunia ini milik kita!
Kitalah yang harus menjaga, merawat dan memperbaikinya.
Bukan aku, bukan kamu tapi KITA SEMUA!
(yay! yay! semangaaaaattt!!)


 

Related Post :
#1 karakaBadui : Kan KITA Ubah Dunia Ini !!
#2 karakaBadui : KITA semua SAMA. Ayo berSATU !!  
#3 karakaBadui : Kekuatan Kata-kata

Label:

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥