the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Senin, Juli 04, 2011

Dunia Sophie *gold edition*
Yeah! Akhirnya setelah 3 bulan 2 hari gw berhasil menamatkan buku ini (hwahahah). Perasaanku.. hmmm.. gimana yak? Ini novel tebel banget, agak sedikit ngebosanin sih, tapi lumayanlah!

Judul : Dunia Sophie
Penulis : Jostein Gaarder
Penerbit : Mizan
Tanggal terbit : Agustus 2010 (edisi gold)
Jumlah halaman : 798 halaman
Kategori : Novel Filsafat


Sophie, seorang pelajar sekolah menengah berusia empat belas tahun. Suatu hari sepulang sekolah, dia mendapa sebuah surat misterius yang hanya berisikan satu pertanyaan : “Siapa kamu?”

Belum habis keheranannya, pada hari yang sama dia mendapati surat lain yang bertanya : “Dari manakah datangnya dunia?”

Seakan tersentak dari rutinitas hidup sehari-hari, surat-surat itu membuat Sophie mulai mempertanyakan soal-soal mendasar yang tak pernah dipikirkannya selama ini. Dia mulai belajar filsafat.


***

Alberto Knox mengajari Sophie Amundsend pelajaran filsafat mulai dari zaman Socrates hingga zaman sekarang (Satre). Awalnya Alberto Knox mengirimkan pelajaran filsafatnya melalui surat namun setelah beberapa minggu Alberto secara langsung mengajari Sophie. Berkali-kali Sophie menerima ucapan selamat ulangtahun untuk Hilde Moller Knag. Menurut Alberto, mereka harus segera menyelesaikan pelajaran filsafat mereka sebelum hari ulang tahun Hilde maupun Sophie (ultahnya bareng!). Setelah mempelajari banyak hal tentang filsafat akhirnya Alberto memberi tau Sophie bahwa mereka sebenarnya hanyalah tokoh yang diciptakan oleh Mayor Albert Knag dalam buku yang akan dihadiahkan sang Mayor pada Hilde anaknya! Dan ternyata benar, suatu pagi di hari ulang tahunnya, Hilde menemukan sebuah map disamping tempat tidurnya. Hilde mulai membaca map/naskah novel itu. Semua bercerita tentang Sophie dan guru filsafatnya. Akhirnya Alberto dan Sophie memutuskan untuk keluar dari pikiran sang Mayor dan pergi ke dunia nyata!

Lalu apa ??


Dunia Sophie ini ceritanya aneh banget, namanya juga novel fantasi. Menurut gw sih ceritanya bagus dan seru TAPI pelajaran filsafatnya banyak benget! Ini mah lebih mirip “Rangkuman Sejarah Filsafat” daripada “Novel Filsafat bergenre Fantasi.” Buat pelajar kaya’ gw sih gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini ketinggian. Novel ini cocok buat kakak-kakak mahasiswa semester lima! (pendapat pribadi tuh!) abis banyakan pelajaran dari pada cerita fiksinya (ini bikin novel ini agak sedikit membosankan-pendapat pribadi (lagi)). Kalo gw udah jadi profesor, gw pasti bilang buku ini bagus banget, sayangnya gw bukanlah profesor.

Yang paling penting sih novel ini mengajari kita bagaimana memaknai kehidupan. Banyak kutipan filosof yang bikin kita mikir hidup ini buat apa? Kenapa kita harus hidup? Dan lain sebagainya. Setidaknya setelah membaca novel ini gw harap gw bisa berfikir –sedikit- lebih filosofis dan semoga gw bisa memandang dunia dengan pandangan baru yang lebih baik. Amin.

“Kehidupan pasti mempunyai arti. Tidak bisa tidak. Tapi kita sendirilah yang harus menciptakan arti ini dalam kehidupan kita. Eksis berarti menciptakan kehidupan kita sendiri.”
Jean-Paul Sartre

*Kutipan Sartre ngingetin ama Baek Seung Jo (Playful Kiss episode 7 (hahaha)

Label: ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥