the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Jumat, Agustus 05, 2011

Hallo semua, akhirnya Sarah punya kesempatan buat bikin resensi novel satu ini! Suka deh ama novel ini cz nih novel settingnya di Korea, terus novel ini ngingetin ama Jang Geun Seok *alasan yang aneh*


Judul : Seoulmate
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Haru
Tanggal terbit : April 2011 (cetakan kedua)
Jumlah halaman : 300 halaman
Kategori : Novel : Roman, Fantasi
Harga : Rp. 45000,-

Ketika Kenyataan menentangmu untuk terus berharap.

Sebuah harapan untuk bertemu kembali dengan seorang pria telah memaksa Kim Sun menggunakan kemampuannya berkomunikasi dengan hantu. Siwon, seseorang yang baru dikenalnya, menawarinya sebuah pekerjaan.

Setelah beberapa kali menolak, akhirnya Sun memutuskan menjadi mate dan bergabung dalam sebuah organisasi ‘penyalur hantu’ bernama SeoulMate yang menerima proposal permintaan bantuan dari manusia. Sebagai mate, ia bertugas menjaga serta membantu soul atau hantu yang bergabung dalam SeoulMate dalam melaksanakan proposal dari para klien SeoulMate.

Tak disangka, Sun ditugaskan menjaga soul yang amnesia! Hantu baru ini sama sekali tidak mengingat kehidupan manusianya dan terus mendesak Sun untuk membantu menemukan asal-usulnya. Sun tidak habis pikir bagaimana dia dan Jang—nama yang dia berikan untuk soul-nya—dapat menyelesaikan proposal klien jika mereka selalu bertengkar.

Namun, semuanya berjalan di luar dugaan. Tanpa disadari, sengatan-sengatan perasaan aneh yang disebut cinta itu mulai tumbuh antara Sun dan Jang.
Pada saat yang hampir bersamaan, sebuah kenyataan menghadapkan Jang kepada pilihan, antara tetap menjadi soul yang menjalin cinta abnormal dengan Sun atau menuju tempat yang wajar bagi para hantu dan menghilang dari kehidupan gadisnya…

***

Kim Sun, seorang gadis berumur 21 tahun yang mengenakan kaos putih bertuliskan ‘Traveliyagi’ sedang menunggu turis dari Indonesia di Insadong. Sun adalah guide gratisan yang kali ini bertugas mengajak turis-turis Indonesia itu berkeliling Insadong. Ia melihat sebuah bangunan yang sedang direnovasi “Flying Me Tea House” itulah nama tempat itu, ia melirik tempat itu dengan perasaan khawatir dan benar, ia melihat sesosok makhuk buram disana! Sun memiliki kemampuan melihat hantu sejak ia kehilangan kakak perempuannya, dan kemampuannya itulah yang membuat Siwon terus membujuknya untuk bergabung dalam organisasi SeoulMate. Sun sangat kesal karna pria itu terus mengikutinya dan akhirnya ia setuju untuk berbicara dengan Siwon. Siwon menjelaskan tentang SeoulMate yang memasangkan manusia dengan Soul-nya dan mereka harus melaksanakan proposal klien-klien mereka. Siwon mengatakan Dong-lah yang merekomendasikan Sun. Mendengan nama Dong, Sun akhirnya setuju untuk bergabung dengan SeoulMate.

Siwon mengajak Sun ke markas SeoulMate dan ia dipasangkan dengan seorang Soul yang amnesia! Disinilah semua dimulai. Hantu amnesia itu tidak mengingat namanya sehingga ia meminta Sun memberinya nama. Nanta (artinya pukulan terus menerus) adalah nama yang diberikan Sun karna hantu amnesia itu berisik. Tidak terima diberi nama Nanta, si hantu pun ingin diberi nama Jang, karna ia melihat nama Jang Geun Seok di majalah didekatnya.

Jang terus mendesak Sun untuk mencari tau siapa dirinya sebenarnya, namun Sun tidak mempedulikan Jang. Seiring berjalannya waktu, Jang dan Sun semakin akrab. Proposal pertama mereka adalah menjadi penyanyi. Jang melakukannya dengan sangat baik. Jang yang biasanya hanya berkata “Carikan asal usulku” kini sudah bisa bercanda dengan Sun yang awalnya galak minta ampun.

Sun akhirnya tau bahwa Jang adalah seorang anggota JUMP yang sedang koma. Ia bingung karna jika ia memberi tau hal ini pada Jang, Jang pasti akan pergi ketempat yang wajar bagi para hantu dan meninggalkannya. Yah! Sun jatuh cinta pada Jang. Bagaimana mungkin manusia dan hantu bisa menjalin hubungan??

Mau tau selanjutnya?? Baca sendiri ya novelnya. Hehehe !

***

Jujur, pas baca novel ini berasa kaya nonton K-Movie (lebih tepatnya baca sinopsis K-Movie). Kalo ngga tau siapa pengarangnya, kalian pasti mikir kalo ini novel Korea, nuansa Koreanya itu loh kental banget! (ya iyalah, inikan novel yang bersetting di Korea).

Ceritanya seru dan menghibur, ada juga bagian yang mengharukan dan banyak bagian yang bakal bikin kalian sakit perut gara-gara menahan tawa (apalagi pas Jang harus naku-nakutin kambing. hahah). Buat kalian pecinta novel dan Korea (gw banget nih!), ngga bakal nyesal deh baca novel ini.

Kalo dipikir-pikir, ide ceritanya ini agak mirip ama film “Heaven’s Postman” (itu lohh, film yang dibintangi Hero (TVXQ) ama Han Hyo Joo (Sarah suka banget ama tuh film.. kereeenn) hwahaha, promosii). Kenapa mirip? Karna ceritanya sama-sama tentang manusia yang suka ama hantu yang ternyata manusia koma! (bahasanya aneh) TAPI walaupun mirip, SeoulMate n Heaven’s Postman itu beda! Ada hal-hal tertentu yang membuat masing-masing dari mereka menarik dan gw suka keduanya.

Sekali lagi saya ingatkan, buat kalian yang cinta novel dan suka Korea, ngga bakal nyesal deh baca novel ini ! ^^

BONUS
Website SeoulMate [HERE]
Facebook [HERE]

SeoulMate ada trailer nya juga loh!


Label: , ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥