the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Jumat, September 16, 2011

Hii all ! Perkenalkan, ini buku kedua Tetsuko Kuroyanagi. Gw ngincar nih buku sejak baca iklannya di koran (waktu itu gw belom baca novel Totto-Chan), setelah beberapa kali ke toko buku tapi belum ketemu juga, akhirnya gw nemuin nih buku ! Senang banget deh, apalagi sejak baca novel Totto-Chan, gw jadi makin penasaran ama buku ini. Beberapa teman gw nanya, “Sar, bukunya bagus ngga?” kalo menurut gw sih, buku ini sama sekali ngga keren TAPI teramat-sangat-bagus dan wajib dibaca semua orang! Kenapa? Karna buku ini membawa pesan perdamaian kawan! *jiaah bahasanya (-,-)

Langsung saja, berikut identitas bukunya :
Judul : Totto-Chan’s Children – Perjalanan Kemanusiaan untuk Anak-Anak Dunia
Penulis : Tetsuko Kuroyanagi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit : Juli 2010 (Cetakan Kedua)
Jumlah halaman : 328 halaman
Kategori : Novel : True Story
Harga : Rp. 50.000,-
***
Satu juta manusia terbunuh di Rwanda.
Anak-anak kecil mengungsi,
Menyelinap di antara pembunuhan massal,
Di tengah jeritan dan erangan orang-orang sekarat.
Orangtua dan saudara mereka dibunuh dihadapan mereka
Tanpa mereka tau alasannya,
Hanya mengikuti orang-orang dewasa yang mengungsi.
Dan semua anak kecil itu
Memendam kesedihan luar biasa
Dalam hati mereka yang kecil,
Mengira bahwa merekalah yang bersalah
Atas kematian keluarga mereka!
-Prolog, hlm. 15

Itulah yang ingin disampaikan Tetsuko Kuroyanagi, seorang Duta Kemanusiaan UNICEF dalam buku ini. Buku ini berisi catatan perjalannya ke beberapa negara yakni : Tanzania, Nigeria, India, Mozambik, Kamboja dan Vietnam, Angola, Banglades, Irak, Etiopia, Sudan, Rwanda, Haiti serta Bosnia-Herzegovina. Dalam buku ini, Totto-Chan mengajak kita melihat bagian lain dari dunia ini. Buku ini benar-benar mengingatkan kita bahwa sesungguhnya kita termasuk orang-orang yang sangat beruntung karna diluar sana ternyata banyak yang lebih-sangat-tidak-beruntung daripada kita!

Di Tanzania, kita diajak melihat betapa berharganya air bagi orang-orang disana. Di India yang tanahnya subur, kita diajak untuk melihat betapa banyaknya anak-anak meninggal. Mrs. Kuroyanagi dalam buku ini memang lebih menfokuskan tulisannya pada anak-anak yang menderita akibat kekeringan dan kelaparan serta yang paling mengerikan : perang!

Menurut gw, penyampaian isi buku ini sangat bagus dan mudah dimengerti.
Ngga banyak yang bisa gw ceritain tentang buku ini, tapi menurut gw nih buku BAGUS BANGET !!
Oh iya, sebagian hasil royalti buku ini digunakan untuk kegiatan-kegiatan UNICEF artinya, kalo kita beli buku ini, kita udah ikutan berpartisipasi menjadikan dunia kita lebih baik!

Label: ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥