the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Kamis, Desember 22, 2011

Assalamualaikum. Berhubung kegiatan sekolah lagi ngga sibuk (menjelang libur), hari ini gw mau ngeresensi novel To Kill a Mockingbird. Novel ini sebenarnya gw baca setahun yang lalu, tapi baru sempat gw resensi sekarang. Hari ini gw sengaja milih buku ini buat diresensi, cz buku ini bagus banget, n banyak pesan moral yang bisa diambil dari novel ini.

Judul : To Kill a Mockingbird
Penulis : Harper Lee
Penerbit : Qonita
Tanggal terbit : Oktober 2010 (cetakan I, edisi gold)
Jumlah halaman : 536 halaman
Kategori : Novel

Kehidupan Scout dan Jem Finch berubah total saat ayah mereka menjadi pembela seorang kulit hitam. Ketika Atticus membela seorang yang dianggap sampah masyarakat, kecaman pun datang dari seluruh penjuru kota. Di tengah terpaan masalah yang menimpa keluarganya, si kecil Scout belajar bahwa kehidupan tidak melulu hitam dan putih.

Dikisahkan dari sudut pandang gadis delapan tahun warga Maycomb, Alabama, novel ini akan menunjukkan bahwa sebuah prasangka sering kali membutakan manusia. Dan sebuah keadilan hanya dapat dilahirkan dari rasa cinta yang tak membedakan apa pun latar belakang seseorang. Harper Lee telah berhasil menyuguhkan sebuah novel menawan yang amat berkesan dan tak lekang oleh zaman.

***

Inti ceritanya (menurut saya) ada dua :
Pertama, prasangka Scout, Jim dan Dill tentang Boo Radley. Boo adalah tetangga Scout yang tidak pernah terlihat keluar rumah. Karna penasaran, Scout, Jim dan Dill berulang kali mencoba mengitip kegiatan Boo dirumahnya. Semakin lama, semakin banyak rumor tentang Boo yang menyeramkan. Mereka sendiri membayangkan sosok Boo seperti seorang monster yang pucat dan menyeramkan. Scout dan Jem bahkan tidak berani melewati rumah Boo untuk pergi ke sekolah. Suatu malam, Scout dan Jem pulang dari kegiatan Halloween, mereka hanya pulang berdua. Saat melewati rumah Boo, mereka mulai takut dan… Seseorang menyerang Jem. Dalam kostum daging ham-nya, samar-samar Scout menyaksikan kakaknya diserang oleh (?)

Seiring dengan kisah antara Scout, Jim, Dill dan Boo Radley, ada juga kisah tentang Atticus --ayah Scout dan Jem-- yang membela seorang nigger (orang kulit hitam). Sejak ayahnya membela seorang kulit hitam, Scout, Jem, dan ayahnya dikucilkan oleh masyarakat Maycomb. Orang-orang menganggap Atticus bodoh karna telah membela orang kulit hitam. Pada masa itu, orang kulit hitam dianggap sangat rendah, tapi Atticus tetap saja bersedia membela Tom Robinson yang berdasarkan fakta sebenarnya tidak bersalah. Salahkah Atticus membela Tom ? TIdak ! Tapi saat itu, hal ini mungkin akan terlihat salah (walaupun benar).

***

My Favorite quotes :
“Kau tidak akan pernah bisa memahami seseorang hingga kau melihat segala sesuatu dari sudut pandangnya… hingga kau menyusup ke balik kulitnya dan menjalani hidup dengan caranya”
"keberanian itu adalah saat kau tau kau akan kalah sebelum memulai, tetapi kau tetap memulai dan kau merampungkannya, apapun yang terjadi" pg. 219

***
Ngga banyak yang bisa gw cerita.in tentang novel ini.
Maaf ya, sinopsisnya agak membingungkan.. :D
Oo iya, itu diatas ada tanda tanya (?) biar penasaran.. heheheh
then, I have to say : "I really recommended this book"

See you!~

oo ya.. HAPPY MOTHER's DAY :*

Label:

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥