the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Jumat, Agustus 24, 2012

Assalamualaikum..
Halo guys, kali ini gw mau meresensi buku lama lagi (heran juga kenapa sih gw selalu beli buku terbitan lama x_x hahaha) Kali ini Perahu Kertas-nya Dee. Siapa sih yang ngga kenal penulis berbakat satu ini, namanya udah terkenal sejak jaman dahulu kala dan karya-karyanya selalu best seller, dan yang paling luar biasa gw baru sekarang baca novelnya Dee (waahh parah). Tentang Perahu Kertas, ini novel yang terbitnya udah agak lama, gw ingat nih novel terbit beberapa bulan setelah Laskar Pelangi di filmkan. Novel ini menarik perhatian gw bukan hanya karna penulisnya yang waw tapi juga penerbitnya sama kaya Laskar Pelangi dan anehnya gw waktu itu ngga tertarik buat beli padahal udah berkali-kali megang bukunya! Nah, kabar baiknya novel ini diangkat menjadi film. Thats why sekarang gw bikin sinopsisnya. And you know what? Gw sukaaaa-sukaaa-sukaaaaaaaaaaaa banget sama novel ini !!!

Judul : Perahu Kertas
Penulis : Dee / Dewi Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka – TrueDee Pustaka Sejati
Tanggal terbit : Agustus 2009
Jumlah halaman : xii + 444 halaman
Kategori : Novel

***

Namanya Kugy. Mungil, pengkhayal, dan berantakan. Dari benaknya, mengalir untaian dongeng indah. Keenan belum pernah bertemu manusia seaneh itu.

...

Namanya Keenan. Cerdas, artistik, dan penuh kejutan. Dari tangannya, mewujud lukisan-lukisan magis. Kugy belum pernah bertemu manusia seajaib itu.

...

Dan kini mereka berhadapan di antara hamparan misteri dan rintangan. Akankah dongeng dan lukisan itu bersatu?

Akankah hati dan impian mereka bertemu?

***

Ceritanya berawal dari persahabatan Kugy, Noni, Keenan dan Eko. Kugy dan Keenan baru lulus SMA dan mulai kuliah di Bandung. Kugy seorang cewek unik dengan pola pokir aneh yang bermimpi menjadi Penulis Dongen sangat cocok dipasangkan dengan Keenan yang juga aneh dan bermimpi menjadi Pelukis tapi terpaksa kuliah ekonomi karna permintaan orang tuanya. Noni adalah sahabat Kugy sejak kecil dan Eko adalah sepupu Keenan yang juga pacar Noni. Keempat sahabat ini melewati hari-hari mereka dengan menyenangkan di Bandung.

Seiring berjalannya waktu, Kugy dan Keenan semakin dekat. Kugy mengangkat Keenan menjadi Agen Neptunus, sama seperti dirinya. Keenan rajin membaca dongeng buatan Kugy dan ia bahkan membuatkan ilustrasi tokoh-tokoh dalam dongen Kugy. Mereka juga menjadi lebih dekat karna mereka sama-sama memiliki impian yang tidak realistis.

Suatu hari saat akan nonton bareng tengah malam (kebiasaan mereka berempat) Kugy tidak datang karna ia kedatangan pacarnya Ojos dari Jakarta. Keenan baru tau kalo Kugy punya pacar dan ia merasa patah hati, tapi ia menutupi patah hatinya dengan perpikir bahwa mereka cuma sahabat. Titik.

Saat libur semester, Kugy pulang ke Jakarta bersama Keenan. Walaupun setibanya di Jakarta Kugy langsung di jemput Ojos, disinilah Kugy sadar kalo perasaaannya ke Keenan bukan cuma sebagai sahabat. Saat libur ini Kugy membuat sebuah buku dongen sebagai hadian untuk ulang tahun Keenan dan Keenan membuat pahatan sebagai oleh-olehnya dari Bali. Yah, Keenan pergi ke Ubud menemui Pak Wayan untuk belajar melukis, walaupun ayahnya kurang setuju.

Kembali ke Bandung, Noni mengenalkan Wanda sepupunya pada Kugy. Noni berencana mencomblangkan Wanda dengan Keenan. Kugy yang patah hati akhirnya batal ikut ke tempat Keenan untuk merayakan ultah Keenan dan tentu hadiah yang telah ia buat tidak jadi diberikan, begitu juga Keenan gagal memberikan pahatannya pada Kugy. Wanda ternyata seorang kurator yang berkerja di Galeri Warsita –galeri lukisan terkenal yang dimiliki ayahnya sendiri. Keenan tetntu cocok saat mengobrol dengan Wanda. Semakin hari mereka semakin dekat dan Keenan semakin jarang bertemu Kugy karna Kugy kini membantu mengajar di Sekolah Alit. Kugy, Keenan, Noni dan Eko semakin jarangn bertemu dan ini membuat persahabatan mereka renggang. Puncaknya saat Kugy tidak hadir ke acara ulang tahun Noni. Ini membuat Noni sangat marah. Setelah itu Keenan juga menghilang, ia berhenti kuliah karna yakin bisa mandiri dengan pekerjaannya sebagai pelukis, naas nya lukisannya yang dipajang di Galeri Warsita dan telah laku ternyata dibeli oleh Wanda sendiri. Wanda juga marah pada Keenan karna ia tau Keenan tidak punya perasaan padanya.

Keenan pulang ke Ubud, bertemu pak Wayan dan keponakannya Luhde. Disana Keenan kembali melukis dengan buku dongeng karya Kugy sebagai inspirasinya. Kugy pun semakin sibuk dengan kuliahnya dan Sekolah Alit. Beberapa tahun kemudian, Kugy lulus kuliah dan bekerja di ADVocaDo. Sebuah perusahaan milik Remy sahabat kakaknya yang juga pembeli pertama lukisan Keenan.

Okay! Darisini ceritanya mulia seruu :D
Dan gw capek bikin sinopnya. Hahahha
Gw saranin kalian baca sendiri novelnya. Bagus banget kok! Dan beruntungnya novel ini ada Ebooknya dan bisa di download [D I S I N I]

Opinion :
Novelnya keren? PASTI.
Sebenarnya gw bingung, nih novel isinya kok KLIMAKS semua. Hahah. Setiap lembar selalu ada kejutan.. Seru deh pokoknya :D

Oya, tunggu review tentang Film Perahu Kertas juga yaa :) *Klik Next Post*

Thats all, see youuw :D

Label: , , ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥