the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Sabtu, November 10, 2012

Assalamualaikum..
Haloww everyone, yeah I’m back !!
Akhir-akhir ini di blog kebanyakan curhat, jadi gw ngerasa ngga enak sama kalian karna curhat-curhat gw rasanya ngga memberikan hal positif sama kalian, makanya kali ini gw mau ngeresensi novel bergenre young-adult. Novel ini setipe sama Trilogy The Hunger Games yang pernah gw resensi. Yah, Uglies merupakan sebuah Trylogy atau Tetralogy (maaf masih galau, kalo di covernya sih ada empat buku, tapi di Indonesia baru terbit tiga buku dan setelah gw baca buku ketiga rasanya ceritanya udah berakhir sampe situ deh). Ini novel lama, tapi berhubung novel keempatnya belum-dan-entah terbit atau ngga jadi gw tetap resensi. Sama seperti The Hunger Games, novel ini menceritakan kehidupan setelah kehancuran dunia. Langsung aja, ini identitas bukunya :

Judul : Uglies
Penulis : Scott Westerfeld
Penerbit : Matahati
Tanggal terbit : April 2010
Jumlah halaman : 432 halaman
Kategori : Novel
Harga : 63.000

Tally Youngblood akan berusia enam belas tahun, dan dia tak sabar menunggunya. Di dunia Tally, umur enam belas tahun berarti perubahan dari buruk rupa menjadi rupawan. Dengan menjadi rupawan, dia akan memasuki dunia berteknologi tinggi yang menawarkan kehidupan bersenang-senang. Tinggal beberapa minggu lagi, Tally akan memasuki dunia tersebut.

Tetapi dia berjumpa dengan Shay, sesama buruk rupa, yang tidak yakin mau berubah menjadi rupawan. Saat Shay melarikan diri, Tally mempelajari suatu fakta dari dunia rupawan-yang mengguncangkan dan ternyata tak secantik wujudnya.

Tally berada dalam situasi terburuk yang tak pernah dibayangkan : mengkhianati temannya sendiri atau tak akan berubah menjadi rupawan sama sekali. Pilihan Tally akan mengubah dunianya untuk selamanya.

***
Jelas, novel ini berkisahh tentang Tally Youngblood yang menanti perubahannya menjadi rupawan. Dalam penantiannya, ia bertemu Shay yang hari ulang tahunnya sama dengan Tally. Tally dan Shay menjalin persahabatan di akhir masa buruk rupa mereka. Yah, di dunia Tally, setiap orang digolongkan berdasarkan umur. Umur enam belas tahun kebawah adalah buruk rupa. Pada saat berumur tepat enam belas tahun, seorang buruk rupa akan dioperasi sehingga penampilannya menjadi rupawan, semuanya diubah, mulai dari bentuk tubuh, wajah, bahkan OTAK ! Tally tidak tahu bahwa berubah menjadi rupawan berarti juga merubah otak seseorang.

Tally mengetahui tentang perubahan pola pikir ini saat ia di Smoke. Shay memutuskan untuk kabur dari Uglyville tepat dimalam sebelum ulang tahunnya. Mau tidak mau, Tally harus menyusul Shay karna Shay telah memberinya petunjuk menuju Smoke (tempat para pelarian dari Uglyville). Jika Tally tidak menyusul Shay, ia diancam oleh Dr. Cable (pimpinan Special Cirmuntance) tidak akan dioperasi menjadi rupawan.

Tally gundah, ia tak bisa menerima kenyataan jika tidak dapat menemukan Shay, maka ia akan menjadi buruk rupa selamanya. Lagipula Shay belum tentu bahagia setelah melarikan diri. Shay mungkin hanya terjebak rayuan teman-temannya yang lain yang telah melarikan diri. Tidak! Bukan teman-teman Shay yang merayunya, tapi David. David adalah anak dokter dari Kota Rupawan yang melarikan diri. Dokter-dokter ini melarikan diri karna menemukan fakta bahwa perubahan menjadi rupawan ternyata mengubah otak manusia!

Tally akhirnya setuju menjadi mata-mata Dr. Cable untuk menemukan Smoke, menyelamatkan Shay dan menjadikan mereka sebagai Rupawan. Tapi di Smoke, ia malah jatuh cinta pada David dan tak ingin mengalami gangguan otak akibat operasi menjadi rupawan.

Tapi keadaan mengharuskan Tally menjadi rupawan. Smoke hancur akibat kecerobohan Tally.

Bagaimana akhirnya? Apakah otak Tally akan berubah seperti rupawan lainnya yang hanya ingin bersenang-senang belaka?? Bagaimana dengan Shay, David dan Smoke??

Silahkan baca sendiri novelnya :P

***
Opinion :
Seratus halaman pertama bikin gw bosan dan jujur gw sempat kecewa, tapi di halaman-halaman selanjutnya semakin seru kok. Di novel pertama ini ngga begitu jelas siapa musuh Tally dan masalah yang dibahas rasanya ngga begitu besar. Awalnya gw pikir novel ini membesar-besarkan masalah kecil tapi setelah membaca novel kedua dan ketiga gw pikir novel ini lumayan bagus.

Banyak yang membandingkan novel ini dengan The Hunger Games, dan jika harus dinilai gw suka kedua novel ini. Beneran deh, walaupun di novel pertama agak membosankan namun di novel selanjutnya mulai seru.

Buat kalian yang suka sama novel young-adult, nih novel recomended banget :D
FYI aja, novel ini ratingnya bagus dan banyak yang request buat di film-kan (kaya The Hunger Games) tapi gw juga ngga tau novel ini bakal di film-kan atau ngga.

Thats all..
Thanks for reading, be happy and see you later..

Label: , ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥