the crescent moon girl
Home message ARCHIVEnetworks
posted by sarah at Minggu, Desember 30, 2012

Assalamualaikum..
Alohaa everyone!! Kali ini gw mau ngeriview salah satu novel terbaik Indonesia yang telah diangkat ke layar lebar dan sekarang lagi nge-hits banget! Yup! 5 CM karya Donny Dhirgantoro *ampun telat banget -_-*

Judul : 5CM (Edisi Cover Film)
Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : Grasindo
Tanggal terbit : Cetakan ke-24, Oktober 2012
Jumlah halaman : 381 halaman
Kategori : Novel

Ahhh.. bingung mau mulai dari mana, novel ini bercerita tentang lima sahabat (Genta, Arial, Zafran, Ian, Riani) yang merasa penat, setiap hari mereka selalu bersama selama bertahun-tahun! Mereka bukan merasa bosan pada pertemanan mereka atau pada teman-temannya namun justru bosan pada diri sendiri. Ada rasa janggal ketika mereka ngobrol dan menemukan bahwa obrolan itu sudah pernah mereka bahas. Genta lalu mengusulkan mereka ngga ketemuan dulu selama 3 bulan dan dipertengahan bulan agustus (mendekati hari kemerdekaan) mereka kembali bertemu untuk melakukan pendakian menuju puncak mahameru.

Buat gw novel ini seru banget, apalagi kan sekarang gw lagi dalam proses buat jadi anggota MAPALA. Bahasa yang dipakai juga enak, mudah dicerna, ringan tapi bermakna. Cara Donny Dhirgantoro mendeskripsikan indahnya alam Semeru pas banget, bikin semua orang pengen kesana! Walaupun ringan tapi ada bagian-bagian yang bikin gw merinding, terharu, dll. Nih novel aseli bikin kecintaan gw terhadap Indonesia terutama alamnya semakin bertambah! :D

cover 5cm


Well, Gw juga sebenarnya punya cerita tersendiri tentang 5cm ini..
Dulu, sekitar akhir tahun 2009 gw pernah ikut pelatihan gitu, nah waktu itu ada pembicara yang dengan ‘wah’nya menyampaikan, “Jika kalian mengenal diri kalian, maka kalian akan melihat masa depan kalian, 5 centimeter di depan kalian. Impian kalian, cita-cita kalian, letakkanlah 5centimeter didepan mata kalian” Tuh mbak pempicaranya pake ngangkat tangan-sedemikian-rupa juga sampe-sampe gw merinding banget ngedengarnya. Sejak hari itu, gw selalu memegang prinsip 5cm ini, setiap pagi selalu ‘berusaha melihat masa depan’ dan yah.. sampai saat ini pun begitu. Thats why, pas gw baca novel ini, gw merinding dan mikir, “ohh.. jadi prinsip yang gw pegang selama ini diambil dari novel ini..”

Novel 5cm ini terbitnya udah lama loh, cetakan pertama bulan Mei 2005. Gw udah pernah ngeliat di tokbuk Gr*media, udah sering ngeliat revew nya tapi entah bagaimana baru ‘ngeh’ baca reviewnya beberapa bulan yang lalu dan kebetulan banget, gw kan biasa beli buku di tokbuk online, waktu itu Cuma ada cover film dan pas nyampe rumah gw baru tau ternyata itu novel edisi tanda tangan!! Dan jadilah novel gw bertanda tangan Donny Dhirgantoro... *hoorayyy*

ps: Tokoh favorit gw? Arial dong :D yang entah bagaimana sejar pertama kali gw baca novel ini gw selalu kebayang sama orang. Karakteristiknya mirip dan akhir-akhir ini gw juga makin tau kalo sifat harus mematuhi peraturan tertulis (yang kadang-kadang nyebelin)-nya juga sama. -___- *ehm... cieciecie.. heheh*



Well, I think thats all
Semoga masih ada posting-posting selanjutnya dibulan Desember ini..
SeeYouu :*

Label: , ,

the crescent moon girl
Just look up we are both under the same starry sky
navigation
By Labels : blog, juststory, traveljournal, review buku, 0812ss
info

ABOUT Personal blog with random post
ESTABLISHED November 2009
ONLINE
HITS
CREDIT 1 | 2 | 3 | 4 | ♥